Kemenkes Ajak Masyarakat Turut Ramaikan HKN 2018


Jakarta - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54  pada tahun ini, Kementerian Kesehatan RI mengusung tema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita”. Melalui tema ini, Kemenkes RI ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai berperilaku sehat dari diri sendiri.

Aku cinta sehat merupakan slogan sederhana yang harus digaungkan sebagai insan yang menjaga kesehatan. Slogan sederhana namun impactnya sangat luar biasa. Seperti halnya tidak merokok itu sangat keren, dan ini juga sejalan dengan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga”, ujar Dra. Engko Sosialine, dalam Talkshow Exclusive di Siaran Radio Kesehatan, Senin (4/11).

Peringatan HKN kali ini merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen dalam menguatkan tekad dalam berperilaku hidup sehat yang ditujukan untuk seluruh anak bangsa, mulai dari anak muda, usia produktif, sampai para lansia.

“Misalnya dengan melakukan exercise (latihan) setiap harinya selama minimal 30 menit, berjalan 1000 langkah, kalau dilakukan secara rutin maka anak bangsa akan sehat bugar. ‘Mulai dari Kita’, jika berperilaku sehat dari diri sendiri, maka tema ini akan kita capai secara bersama”, kata Dra. Engko.

Sejumlah kegiatan menarik akan diadakan oleh Kemenkes RI untuk mengajak masyarakat turut meramaikan HKN 2018 ini, baik di tingkat nasional maupun daerah. Seperti halnya Kemenkes RI yang akan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan ilmiah, publikasi kesehatan, upacara, tabur bunga untuk mengenang tenaga kesehatan, Car Free Day dengan berbagai festival, family gathering, dan acara inti pada tahun ini adalah Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Alat Kesehatan di ICE BSD, Kota Tangerang. Untuk di daerah, pemerintah setempat juga akan mengadakan kegiatan yang tidak kalah menarik, di antaranya adalah Gerakan Pasar Tradisional Sehat, senam bersama, deteksi dini penyakit menular, konsultasi dengan kesehatan jiwa dan sebagainya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemenkes RI juga kembali mengadakan pameran pembangunan kesehatan dan produk alat kesehatan dalam negeri. Upaya ini dilakukan oleh Kemenkes untuk mengedukasi dan menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat terkait produk kesehatan dalam negeri demi kemandirian bangsa dalam industri alat dan pembangunan kesehatan.

Pasalnya, sejak 2015 pameran ini diadakan, pertumbuhan industri alat kesehatan dalam negeri terus meningkat. Tentunya melalui pameran ini akan memberikan semangat bagi masyarakat untuk megutamakan produk kesehatan dalam negeri.

Tidak hanya itu, pameran yang akan berlangsung pada 8 hingga 10 November tersebut juga menawarkan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Kemenkes akan mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis, deteksi dini penyakit menular, berbagai macam talkshow dan banyak kegiatan lainnya.

Untuk itu, pemerintah mengajak masyarakat mengunjungi pameran yang diadakan sekali dalam satu tahun tersebut karena akan ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pameran tersebut. Terlebih acara ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya sedikitpun. (NM)

KEMENKES QUOTES

Latest Videos

Latest News

Program

Photo Flickr